Info Universitas
Thursday, 16 May 2024
  • SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS PAPUA MADANI JAYAPURA (UPMJ)

Cikal Bakal Lahirnya UPMJ

Diterbitkan :

Cikal Bakal Lahirnya UPMJ ini Diawali dengan Keinginan yang Kuat dari Tokoh-Tokoh Penggagas yang Memiliki Komitmen Terhadap Situasi dan Kondisi Pendidikan di Papua.

Mengapa itu menjadi penting?

  1. Papua merupakan salah satu wilayah yang diberi kewenangan otonomi khusus. Kekhususan ini hanya diberikan pada 3 wilayah yakni: ACEH, PAPUA, DAN PAPUA BARAT.
  2. Otonomi Khusus bertujuan untuk Mensejahterakan Rakyat Papua yang,diberikan dengan kewenangan penuh untuk mengelola,dan mengembangkan potensi daerah melalui Prinsip Money Follow Function (Uang Mengikuti fungsinya).
    Ironisnya setelah Otsus tahap 1 Selesai pada 2021 yang lalu, Justru kondisi tidak banyak mengalami perubahan.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Pemerintah tidak terkecuali Institusi/Lembaga Pendidikan yang ada di Daerah Papua adalah sebagai berikut:

  • Posisi Papua masih menduduki urutan I (Pertama) dengan tingkat kemiskinan (sekarang 27,38%) tahun 2021.
  • IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang diukur dari Pendidikan, Kesehatan, dan sosial ekonomi masih rendah (60,62) ditahun 2021.
  • Indeks Pendidikan masih sangat rendah (42,43%) th 2019-2020.
  • SDA cukup melimpah
  • Potensi wilayah yang sangat luas (16%) dari luas Indonesia
  • Populasi penduduk hanya 4,3 jt jiwa, berarti hanya berkisar 0,15% dari total populasi penduduk Indonesia 273,870 jt jiwa.

Tingginya Kesenjangan pembangunan di Papua Dapat Diatasi paling tidak dikurangi melalui Kebijakan, Tindakan, Perencanaan, dan Kolaboratif dari semua Elemen Masyarakat. Faktor yang sangat penting adalah Membangun Manusianya (SDM) melalui Sektor Pendidikan.

UPMJ digagas untuk membantu pemerintah melalui pendidikan tinggi. Dalam mengawali pendirian UPMJ, hakikatnya dimulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA dengan berbasis pendidikan dasar yang dipadukan dengan prinsip Keislaman yang kokoh bagi Santri/Murid yang telah berjalan selama  ± 15 tahun. Dengan antusias dan pengalaman ini, menjadi pemikiran awal untuk membangun sistem pengembangan pendidikan tinggi secara internal guna memberikan solusi terhadap output yang diciptakan yakni (lulusan).

penulis
admin

Tulisan Lainnya